Jumat, 11 Januari 2013

Resep Bir Pletok Betawi Minuman Hangat Menyegarkan

Bir Pletok pasti orang betawi tahu minuman yang satu ini. Minuman jahe yang menyegarkan ini dikenal dengan nama Bir Pletok. Meskipun namanya Bir namun bir pletok sama sekali tidak memabukan karena tidak memiliki kandungan alkohol sedikitpun sehingaa halal untuk dikonsumsi. Minuman hangat ini begitu nikmat dan segar saat diseduh apa lagi disaat cuaca dingin malam hari. Minuman tradisional ini bisa anda dapatkan dengan mudah dari toko yang dijual dalam bentuk botolan untuk diseduh kembali.

Sejarah asal usul nama bir pletok karena orang belanda yang pada masa itu senang berkumpul kumpul sambil minum bir. Karena Mayoritas masyarakat betawi beragam islam jadi mereka membuat bir mereka sendiri dengan campuran rempah rempah, pandan, serai serta jahe. Campuran bahan ini yang membuat bir pletok juga memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Beberapa manfaat bir pletok dipercaya dapat memperlancar peredaran darah dan bisa meningkatkan gairah, Meredakan nyeri lambung dan mengurangi mual, batuk dan gejala flu. Manfaat bir pletok yang lain dapat meredakan migren, kram dan mencegah kanker.

Bagi anda yang mencari resep minuman bir pletok betawi anda bisa membuat bir pletok ini dirumah karena cara membuat bir pletok hangat ini mudah dan sederhana. Berikut resep cara Membuat bir pletok betawi.

bir pletok betawi  jahe rempah rempag hangat

Bahan Bir Pletok
air 2 liter
gula pasir 500 gr  
kayu manis 1 batang 
daun serai  3 batang 
jahe 50 gram ( kupas dan memarkan )
kayu secang 1 sdm
Pala 1/2 butir ( memarkan )
Cengkih  6 butir
garam secukupnya

Cara Membuat Bir Pletok Betawi
  • Campurkan air dan gula pasir, kemudian masukkan jahe yang telah dimemarkan.
  • Rebus air jahe dengan api sedang sampai mendidih dan gula pasir larut. setelah itu masukkan kayu secang dan aduk rata.
  • tambahkan kayu manis, pala dan cengkih. Lalu masukkan serai, kecilkan api masak sampai aroma harum rempah rempah keluar, proses ini memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah mendidih angkat dan Saring.
  • Sajikan bir pletok selagi hangat.
Cukup mudah membuat resep pletok betawi ternyata. Sajikan bir pletok dengan aneka kue tradisional khas betawi. Selamat mencoba resep bir pletok betawi semoga bermanfaat. Nikmati Bir pletok bersama bolu  gulung lapis surabaya pastinya akan semakin istimewa.