Kamis, 27 Desember 2012

Resep Membuat Rengginang Ketan Gurih Renyah

Rengginang merupakan cemilan sejenis kerupuk yang biasanya dibuat dari nasi beras ketan yang dijemur dibawah terik matahari. Kue Rengginang berbeda dengan krupuk pada umumnya yang bahannya dihaluskan seperti kerupuk udang, kerupuk amplang dan sebagainya. Rengginang ketan telah dikenal lama di Indonesia. 

Di jawa tengah ada jenis rengginang yang dikenal dengan nama intip yaitu sisa kerak nasi yang menempel di dandang, agar tidak mubazir kerak tersebut selanjutnya digoreng dan rasanya enak dan gurih. Maka  akhirnya rengginang sengaja dibuat untuk dikonsumsi.

Rengginang ketan memiliki rasa yang gurih dan asin. Namun bisa juga divariasikan dengan rasa manis dengan menambah gula pasir pada bumbunya. Selain rengginang manis dan asin rengginang juga ada yang diberi rasa udang dan terasi. Semuanya sama sama enak.

Rengginang bisa anda peroleh dipasar pasar tradsional dalam keadaan belum digoreng. Anda juga bisa mencoba sendiri resep membuat rengginang karena proses pembuatannya relatif mudah. Hanya saja memerlukan waktu yang lama terutama pada saat menjemur. Berikut resep rengginang renyah istimewa.



Bahan Membuat Rengginang Ketan:
400 g Beras ketan putih
5 siung bawang putih ( haluskan )
200 ml air mendidih
garam secukupnya
1 sdm terasi
minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT RENGGINANG RENYAH :
  • Cuci beras ketan dengan air sampai bersih, kemudian masukkan kedalam panci. Sisihkan.
  • Haluskan bumbu Bawang putih, terasi dan garam dengan cara ditumbuk. selanjutnya masukan bumbu kedalam panci beras ketan sambil diaduk agar bumbu meresap dan merata.
  • Masukan air mendidih kedalam panci beras ketan yang telah diberi bumbu, masak sampai air mengering.
  • Pindahkan beras ketan ke kukusan untuk dikukus sekitar 20 menit sampai ketan matang. Angkat dan dinginkan
  • Ambil satu sendok makan ketan kemudian bentuk bulat dan gepengkan. Taruh diatas tampah. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Selanjutnya jemur rengginang selama 2 sampai 3 hari dibawah sinar matahari sampai kering agar nanti saat digoreng dapat mengembang dan gurih.
  • Jika sudah kering rengginang siap digoreng. Goreng dengan minyak panas. Jika sudah mengembang, angkat dan tiriskan. Biarkan dingin.
  • Rengginan gurih siap dinikmati. Simpan dalam toples atau plastik kedap udara agar awet dan tidak mlempem.
Nikmati rengginang sebagai cemilan saat santai bersama keluarga. Jika anda malas membuat rengginang, anda bisa membeli yang sudah jadi untuk kemudian digoreng sendiri. Namun jangan lupa untuk menjemurnya paling tidak sehari dibawah sinar matahari sebelum digoreng agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba resep  membuat rengginang ketan gurih semoga bermanfaat.