Kamis, 24 Januari 2013

Resep Membuat Kue Delapan Jam Khas Palembang

JIka anda berkunjung ke kota palembang coba lah kue delapan jam yang merupakan salah satu makanan khas palembang dengan  rasa yang enak dan legit beraroma karamel. Namanya yang unik menggambarkan cara membuat kue delapan jam ini yang bisa mencapai delapan jam hanya untuk memanggangnya. Jika kurang dari itu rasanya tak akan bisa seenak aslinya.

Kue delapan jam merupakan kue tradisional khas palembang yang istimewa setelah kue bolu kemojo. Dahulu kue ini hanya bisa dinikmati oleh para bangsawan di palembang. Namun sekarang kue ini bisa dengan mudah kita dapatkan di berbagai toko kue di kota palembang untuk siapapun yang ingin mencicipinya.

Kue delapan jam biasanya disajikan saat lebaran maupun di hari besar lainnya.Kue ini cocok disajikan sebagai jamuan tamu spesial maupun dikonsumsi sebagai cemilan keluarga. Nah bagi anda yang ingin mencicipi kue delapan jam ini tidak perlu jauh jauh ke palembang. Membuat kue delapan jam sendiri juga bisa kita lakukan dengan niat dan usaha disertai kesabaran pasti kita juga bisa membuat kue delapan jam yang enak. Berikut resep membuat kue delapan jam khas palembang.

resep membuat kue delapan jam enak khas palembang

Bahan Membuat KUe delapan Jam:
telur bebek 15 butir
gula pasir 300 gr 
susu kental manis 1 kaleng
margarin 75 gr dilelehkan
agar-agar putih 1 bungkus

Cara membuat kue delapan jam:

  • Kocok telur dengan gula sampai halus dan gula larut.
  • Tambakan susu kental manis dan agar agar putih sambil terus diaduk sedikit demi sedikit. 
  • Tuangkan adonan kue delapan jam ke dalam loyang persegi yang telah diolesi margarin dan dialasi plastik. 
  • Langkah berikutnya Kukus adonan kue selama 8 jam dengan api yang kecil.TUtupi kukusan dengan kain bersih agar air tidak menetes. Angkat.
Kue delapan jam yang enak dan legit siap dinikmati. Agar kue nya tidak terlalu basah pada lapisan luarnya anda boleh memanggangnya dalam oven sebentar saja untuk mengurangi kadar airnya. Bagi anda yang berminat silakan mencoba resep kue delapan jam ini dirumah. Semoga bermanfaat.