Jumat, 25 Januari 2013

Resep Membuat Pempek Kapal Selam Khas Palembang Asli

Pempek merupakan salah satu makanan khas kota Palembang meskipun sebenarnya empek empek juga di produksi di hampir seluruh daerah di sumatra selatan. Pempek terbuat dari ikan tenggiri tapi ada juga yang menggunakan ikan gabus bahkan ada juga yang menggunakan udang. Walaupun khas palembang namun pempek ikan ini sangat mudah di temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Pempek palembang terrnyata jenisnya beragam diantaranya pempek Ada`an yang bulat, pempek kriting, pempek lenjer, pempek lenggang, pempek kapal selam dan pempek kulit. Nah yang paling sering kita jumpai adalah empek empek kapal selam yang diisi dengan telor rebus. Rasa pempek jelas sedap tak tertahankan dan tak terlupakan. Apalagi dengan siraman Kuah Cuka pempek ( Orang Palembang bilang Cuko ) membuat makanan khas palembang ini begitu istimewa dan tak terlupakan.

Setelah dari kemarin berburu resep pempek palembang akhirnya dapet juga resep empek empek kapal selam khas palembang dari temenku yang paling manis se Palembang. Resep Pempek Kapal Selam ini ternyata cukup mudah dibuat dan tidak terlalu sulit. Bagi anda yang ingin mencoba membuat pempek khas palembang Cobain deh Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang.

Resep Pempek Kapal Selam
By : Nela Edelweiss

cara membuat Pempek kapal selam empek empek palembang
Bahan Membuat Pempek Kapal Selam
ikan tengiri segar  1 kg (  giling )
tepung terigu 1 kg
tepung tapioka 1 kg
air panas secukupnya
garam secukupnya
telur rebus ( untuk isi belah jadi empat bagian )

Bumbu Pempek Kapal Selam
bawang putih 100 gr
garam secukupnya
penyedap ( bila suka )

Bahan kuah  cuka pempek Palembang
air 1 liter
gula merah 1 kg
bawang putih 150 gr ( haluskan dengan kulitnya )
250 gr cabe rawit ( tangkainya jangan dibuang )
air cuka 2 sdm ( selera )
garam 1 sdt

Cara membuat pempek khas Palembang
  • Membuat Kuah Cuka pempek : Didihkan air bersama gula merah lalu masukan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan di tambah cuka dan garam. Saring dan sisihkan
  • Membuat Empek Empek : Campurkan tepung terigu dan ikan tenggiri kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk sampai menjadi adonan yang kenyal  jangan sampai terlalu lembek.
  • Bentuk Adonan menjadi bulat kemudian masukan telor rebus yang sudah dibagi empat ke tengah adonan empek empek kapal selam dan lipat.
  • Rebus Adonan Pempek kapal selam dengan air yang mendidih. Agar pempek tidak lengkit beri sedikit minyak ke dalam air.
  • Rebus hingga pempek mengapung atau matang, angkat dan tiriskan. Empek Empek kapal selam sudah siap dinikmati basah maupun di goreng terlebih dahulu.
  • Sajikan bersama Kuah Cuko pempek dan irisan ketimun.
Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat pempek khas palembang ini. Makasih buat kak nela yang udah berbagi resep pempek yang enak ini :). Selamat mencoba resep membuat pempek kapal selam. semoga bermanfaat.

Catatan : Untuk telor selain menggunakan telor rebus bisa juga menggunakan telor mentah yang dimasukan ke dalam adonan empek empek kapal selam. Namun jika tidak terbiasa isi telor dapat bocor untuk lebih jelasnya dapat lihat video membentuk pempek kapal selam isi telor mentah.