Senin, 14 Januari 2013

Resep Membuat Tape Uli Ketan Hitam Tradisional

Tape uli merupakan makanan tradisional khas betawi yang mudah kita jumpai terutama disaat lebaran. Tape dibuat dari bahan dasar ketan yang di fermentasikan. Hasil fermentasi ketan ini akan menghasilkan rasa tape ketan enak. Sedangkan kue Uli merupakan makanan dari beras ketan yang dipadukan dengan santan dan dikukus. kue uli yang disajikan dengan tape ketan terasa begitu pas dan nikmat. Perpaduan tape dan uli yang nikmat ini dikenal dengan Tape Uli.

Rasanya kue ini memang khas sekali sehingga tape uli khas betawi ini banyak disukai oleh semua kalangan. Cara membuat tape uli cukup mudah yang lama hanya saat proses fermentasi tape ketan. Untuk menghasilkan tape ketan yang baik maka bahan dan alat alatnya harus dipastikan terjamin kebersihannya terutama dari lemak dan minyak.

resep membuat kue tape ketan uli betawi

Bahan Membuat Ketan uli :
beras ketan 300 gram ( cuci bersih, rendam 1 jam )
kelapa 1/2 butir (buat santan 125 ml)
kelapa parut + Garam secukupnya ( kukus )

Bahan membuat tape ketan :
beras ketan hitam 300 gram ( cuci bersih, rendam 1 jam )
air 150 ml 
ragi tape 1 bulatan
gula pasir 3 sdm
daun pisang ( untuk membungkus )

Cara membuat Tape Uli Ketan Hitam
  • Untuk cara membuat tape ketan hitam  yang lebih lengkap silakan baca resep membuat tape ketan. Kukus beras ketan hingga matang lalu angkat dan dinginkan. Taburkan ragi tape diatasnya lalu tutup dengan daun pisang. Fermentasikan tape ketan selama 2 malam.
  • Membuat ketan uli : kukus ketan selama 15 menit.  sementara itu kita rebus santan, aduk hingga mendidih. Masukkan ketan dan aduk sampai santan meresap. Masukkan garam serta kelapa, aduk rata kembali hingga uli matang sempurna.
  • Angkat ketan, ratakan dan haluskan panas panas. Bungkus Uli ketan dengan daun pisang. sishkan.
  • Sajikan Tape ketan hitam dengan kue uli.
Cukup mudah bukan resep tape uli tradisional ini. Selamat Mencoba membuat tape uli ketan hitam. Sajikan saat santai bersama keluarga pasti lebih enak. semoga bermanfaat. tape uli juga enak disajikan dengan semangkuk bubur kacang hijau hangat.