Senin, 14 Januari 2013

Resep Membuat Kue Semar Mendem Enak

Kue Semar Mendem memiliki bentuk cantik dan menarik seperti dadar gulung. Kue semar mendem sebenarnya sama dengan kue lemper ketan hanya saja ketan semar mendem ini dibalut dengan kulit semar mendem yang membuatnya semakin menarik dan kelihatan lebih mewah.

semar mendem ini tergolong kue tradisional yang rasanya enak,  lezat dan empuk sehingga banyak disukai oleh semua orang. Kue ini biasa disajikan untuk acara rapat, hajatan, dan cocok juga sebagai jamuan tamu dan cemilan keluarga.

Asal usul kue semar mendem ini saya kurang tahu namun Kalau dalam cerita pewayangan semar diceritakan sebagai abdi yang luhur budi pekertinya. Semar merupakan tokoh punakawan yang jenaka. Mungkin nama kue ini terinspirasi dari tingkah laku semar yang jenaka.

Cara membuat  kue semar mendem sama halnya dengan cara membuat lemper. Resep semar mendem bisa diisi dengan abon daging ayam maupun daging sapi sesuai selera kita. JIka anda sedang cari semar mendem anda dapat memperolehnya ditoko kue tradisional maupun modern. Harga kue semar mendem bervariasi antara 2000 sampai 3000 rupiah. Anda dapat mencoba membuat semar mendem sendiri. Berikut resep membuat semar mendem enak.

resep cara membuat kue semar mendem enak

Bahan Membuat kue semar mendem ( lemper ):
beras ketan  1500 g ( cuci bersih dan rendam selama 2 jam)
santan 800 ml 
air 400 ml 
garam 2 sdm
serai 2 batang ( memarkan, iris iris )
Abon ayam atau sapi 400 g ( untuk isi

Bahan Resep Kulit semar mendem :
Tepung terigu 450 gr 
telur  4 butir  ( ukuran besar )
minyak sayur 8 sendok 
tepung custard 2 sdm
garam secukupnya
penyedap rasa 1 sdt ( bila suka )
susu cair 1300 ml 

Cara Membuat semar mendem:
  • Membuat Kulit : Campurkan bahan kulit dan saring. Buat kulit crepe tipis menggunakan fry pan kecil satu per satu. sisihkan.
  • Membuat Lemper : Kukus beras ketan dengan irisan serai selama kurang lebih 20 menit hingga setengah matang. Angkat sisihkan.
  • Didihkan air  santan, serta garam.Tambahkan Adonan Ketan aduk hingga santan meresap.
  • Kukus kembali ketan hingga matang kira kira 30 menit.
  • Siapkan tampah yang dilapisi daun pisang kemudian ratakan adonan ketan. Kemudian potong potong dengan ukuran 6 x 4 atau sesuai selera. Ambil potongan ketan lalu isi dengan abon dan ditekan tekan agar padat.
  • Ambil kulit semar mendem letakan lemper diatasnya tepat ditengah lalu lipat seperti anda melipat amplop. Kue semar mendem siap disajikan
Membuat Lemper semar mendem ini memang memerlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba resep membuat kue semar mendem yang enak. Semoga bermanfaat.